Cara Memasang Switch 22K dan Diseqc LNB TV Parabola

Memasang switch LNB sebenarnya sangat mudah, hanya saja jika kita belum pernah memasangnya mungkin sedikit agak bingung, terutama saat setting di receiver tv parabola. Fungsi dari switch ini sebenarnya adalah sebagai saklar otomatis untuk memindahkan antara LNB satu ke yang lainnya. Sehingga jika kita menggunakan banyak LNB kita bisa menggabungkannya dalam sebuah receiver. Jadi penggunaan dari switch ini banyak dipakai oleh para pecinta TV parabola untuk lock lebih dari satu satelit.

Switch yang banyak dipakai di Indonesia ada dua jenis yaitu switch diseqc dan switch 22K. Untuk switch diseqc keunggulannya adalah bisa digunakan lebih dari 2 LNB sedangkan switch 22K hanya untuk 2 LNB saja. Oleh sebab itu berikut adalah cara instalasinya:

Cara memasang switch 22K
Switch jenis ini hanya untuk 2 buah LNB saja jadi pemasangannya cukup mudah yaitu dengan mengghubungkan masing-masing LNB pada konektor ON dan OFF. Selanjutnya settingan terpenting pada receiver adalah dibagian 22K yaitu ON untuk yang terhubung pada konektor ON dan Off untuk yang satunya. Jadi pengaturannya bukan bergantung pada satelit yang di lock. Akan tetapi pada penyambungan ke switch.

switch 22k


Misalnya switch ON untuk telkom dan Off untuk palapa. Berarti pemasangan switch 22K juga harus disesuaikan dengan settingan di receiver. 

Cara memasang Switch Diseqc
Switch disecq ada beberapa macam, diantaranya adalah diseqc 2x1, 4x1, 8x1 dan sebagainya. Namun yang umum dipakai adalah 2x1 dan 4x1.  Switch 2x1 artinya switch 2 LNB untuk 1 receiver, sedangkan 4x1 berarti 4LNb untuk 1 receiver. Biasanya jenis switch ini banyak digunakan pada parabola 4 LNB. Untuk menggabungkan 4LNB dalam sebuah parabola maka dibutuhkan switch ini. Berikut contoh pemasangannya.
switch diseqc


Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa masing-masing konektor dihubungkan ke 4 LNB tersebut. Pemasangannya pun boleh diacak, tidak harus berurutan. Yang terpenting adalah kita ingat satelit yang dilock pada masing-masing LNB. Biasanya secara berurutan dari barat ke timur yang sering dilock pada 4 LNB tersebut adalah Palapa, Telkom, Asiasat3 dan Asiasat5. Jadi pengaturan receiver adalah aktifkan diseqc 1.0 atau 1.2 kemudian pilih LNB1 untuk Palapa, LNB2 untuk telkom, LNB3 untuk asia3 dan LNB4 untuk asia5. Untuk 22K diabaikan tidak masalah, karena tidak menggunakan switch 22K.

Cara menggabungkan switch 22K dengan Switch Diseqc
menggabungkan 2 jenis switch yang berbeda juga bisa dilakukan. Hal ini biasanya untuk menggabungkan lebih dari 4 LNB atau parabola. Oleh sebab itu berikut adalah cara contoh gambar memasangnya
menggabungkan switch LNB
Pada gambar diatas ada dua model pemasangan, dimana yang pertama adalah switch 22K yang langsung dihubungkan ke receiver. Sedangkan yang kedua adalah switch diseqc yang dihubungkan langsung ke receiver. Sehingga untuk settingan direceiver untuk gambar pertama adalah:
  • Parabola disebelah kiri 22K harus ON sementara LNB disesuaikan dengan urutan pada switch diseqc.
  • Parabola yang kanan 22K disetting OFF sedangkan masing-masing LNB disetting sesuai urutan pemasangan switch diseqc.
Selanjutnya untuk gambar kedua, dimana switch diseqc yang langsung terhubung kereceiver adalah sebagai berikut:
  • Ada dua buah LNB yang teruhubung ke masing - masing switch 22K. Jadi switch 22K yang pertama settingan diseqcnya harus LNB 1 sedangkan 22K sesuaikan dengan penyambungan di konektor, yaitu ON atau OFF.
  • Sedangkan switch 22K yang kedua settingan diseqc nya harus LNB2 sementara 22K disetting ON atau OFF, disesuaikan dengan penyambungan. Begitu juga dengan seterusnya.
 Jadi proses pemasangannya sebenarnya sangat mudah, hanya saja kita harus mengingatnya setelah penyambungan ke switch. Karena saat penyettingan di receiver tidak boleh ada yang salah. Sebagai tips, jika ingin memasang banyak LNB sebaiknya jangan gunakan switch dulu, akan tetapi di lock dulu satu persatu pada tiap-tiap parabola. kalau sudah OK semua barulah dihubungkan dengan switch tersebut. Semoga bermanfaat. baca juga cara tracking satelit palapa dan telkom.
TV Parabola

1 Response to " Cara Memasang Switch 22K dan Diseqc LNB TV Parabola "

  1. Mas.... saya çoba pasang switch 2x1 untuk menggabungkan 2 lnb ku band. Tàpi setelah saya nyalakan receiver dan tv muncul "perangkat kelebihan beban,segera periksa kabel". Itu masalahnya dimana ya mas. Padahal kabel dan konektor sudah saya cek tidak ada yang bermasalah/bersentuhan antar kawat halus dan tunggal.
    Terimakasih..

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan topik, no spam, no link aktif. Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Powered by Blogger.