Cara Mendapatkan Channel Global TV yang Hilang

Diawal tahun 2016 ini channel lokal yang paling lemah signalnya adalah Global TV. Meski begitu sekarang banyak orang ingin segera mendapatkannya. Hal ini karena ajang F1 kembali ditayangkan di channel tersebut. Apalagi ada wakil Indonesia yang mengikuti ajang Formula 1 yakni Rio Haryanto. Jadi bagi Anda yang menggunakan TV Satelit Parabola, tentu sudah tahu kalau channel ini memiliki kualitas sinyal yang rendah. Itulah sebabnya pada postingan kali ini TVparabola.net akan berbagi info mengenai cara mendapatkan signal ch ini di satelit palapa. Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kualitas sinyal menurun bahkan hilang, diantaranya adalah sebagai berikut:

Update 28 Juli 2016 frekuensi global TV pindah format mpeg4, untuk itu silahkan baca Frekuensi Global TV terbaru 2016

Jika masih low sinyal mungkin disebabkan hal berikut ini;
  • Ukuran dish kurang besar.
  • Kualitas LNB menurun
  • Kualitas Receiver menurun
  • Kabel antena (coaxial) mulai lapuk
  • Posisi kemiringan parabola kurang tepat.
  • Antena Parabola tidak presisi lagi.
  • Parabola terhalang sesuatu, seperti pohon atau bangunan.
  • Konektor LNB aus atau lapuk dan sebagainya.
Cara Mendapatkan Channel Global TV yang Hilang

Dari beberapa hal diatas yang paling sering terjadi adalah posisi kemiringan parabola kurang tepat dan Parabola sudah baling atau tidak presisi. Selanjutnya untuk masalah channel yang hilang bisa juga disebabkan karena:
  • LNB sudah Rusak
  • Switch LNB rusak
  • Parabola tidak fokus/ kurang tepat
  • Pengaturan di receiver kurang tepat dan sebagainya.
Kebanyakan di Indonesia orang menggunakan jenis twin LNB atau dua buah LNB dimana salah satunya tertanam switch 22K. Jadi ada salah satu LNB memiliki dua lubang konektor, dimana yang satu ke receiver (RCV) dan satunya lagi ke LNB 2. Untuk setting di receiver adalah sebagai berikut :
  • Untuk LNB yang langsung terhubung ke receiver setting 22K = OFF
  • Sedangkan satunya lagi 22K = ON
  • Kebanyakan LNB 1 digunakan untuk lock satelit palapa dan LNB 2 untuk lock sat Telkom, hal ini berlaku jika satelit palapa di lock pada titik fokus parabola.

Selanjutnya bagaimana jika Channel Global TV hilang?

Bagaimana cara mencarinya?
Untuk bisa mendapatkan channel tersebut maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama pastikan frekwensi Global TV adalah 3935, Polarisasi Horizontal, Simbol rate 6500 di satelit Palapa D 113 derajat. Jika belum ada maka tambahkan transponder baru di receiver, lalu scan otomatis.
  2. Jika channel Global belum nyangkut atau tidak ada sinyal, maka pastikan channel RCTI, SCTV, Indosiar, TVONE, MetroTV, MNCTV sudah didapatkan. Jika belum maka lock dulu semua channel tersebut, sebelum mencari sinyal Global TV.
  3. Pastikan RCTI mendapatkan kualitas signal 40% dengan receiver murmer atau jadul. Sebab receiver zaman sekarang kebanyakan pembacaan kualitas sinyal kurang akurat, bahkan terlampau tinggi.
  4. Untuk bisa mendapatkan kualitas sinyal RCTI 40% lakukan pointing parabola, baik itu kemiringan atau arah parabola. Selain itu kedalaman LNB juga mempengaruhi kualitas signal. Oleh sebab itu proses tracking harus hati - hati dan tidak mudah menyerah. 
  5. Kalau sudah mendapatkan signal maksimum, lakukan scan otomatis saja untuk mendapatkan channel global TV, atau bisa juga scan transponder Global TV yang sudah ada tadi.
Semoga tips diatas bisa membantu anda untuk bisa mendapatkan kembali sinyal GTV yang hilang di TV parabola Anda. Untuk frekwensi lengkap palapa, silahkan baca mengenai frekwensi channel palapa d terbaru.

TV Parabola

1 Response to " Cara Mendapatkan Channel Global TV yang Hilang "

Berkomentarlah sesuai dengan topik, no spam, no link aktif. Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Powered by Blogger.