10 Penyebab Kualitas Sinyal TV Parabola Lemah, Hilang Timbul

Kebanyakan pengguna tv satelit parabola. permasalahan yang sering terjadi adalah sinyal lemah atau hilang timbul. Memang kejadian semacam itu sering kali ditanyakan mengenai apa sebabnya?, bagaimana cara menanganinya?, apa masih bisa diperbaiki? dan sebagainya. Untuk itu pada kesempatan kali ini tvparabola akan share mengenai penyebab yang seringkali terjadi. Baik itu pada parabola 6 feet, 7 feet, 8 feet bahkan 12 feet.

Setiap pengguna TV parabola sudah tentu mengenal adanya sinyal lemah, hilang timbul, bahkan no signal saat nonton TV. Untuk mengatasi hal semacam ini tentu kita harus tahu dulu apa penyebabnya. Karena jika sampai salah dalam menanganinya bisa jadi tambah parah, bahkan sinyal bisa hilang sama sekali. Sebenarnya sinyal yang lemah atau hilang timbul pada tv satelit parabola itu bisa terjadi oleh beberapa sebab. Diantara penyebabnya adalah sebagai berikut:

10 Penyebab Kualitas Sinyal TV Parabola Lemah

1. Arah parabola kurang tepat
Arah yang kurang tepat pada dish tentu saja bisa mengakibatkan kualitas sinyal menjadi lemah. Bagi yang belum pernah melakukan pointing parabola mungkin agak kesulitan untuk memperbaikinya. Namun bagi yang sudah ahli tentu cukup mudah dalam mengatasinya.
2. Kualitas sinyal transponder dari satelit lemah.
Jika hal ini yang terjadi maka setiap pengguna TV parabola akan mengalami hal yang sama, misalnya global tv di tempat anda signalnya lemah, maka di tempat tetangga juga akan lemah, bahkan diseluruh jangkauan beam satelit tersebut.
3. Parabola rusak atau tidak presisi
Hal ini biasanya yang sering terjadi pada pengguna TV parabola. Oleh sebab itu sebagai pengguna tv parabola tentu harus melakukan pencegahan agar kerusakan dish tidak terjadi. Biasanya hal ini disebabkan karena sering digeser posisinya (pointing), disangga atau diberikan pemberat diatasnya, dimakan usia dan sebagainya. Seandainya sudah terjadi tentu harus diperbaiki terlebih dahulu. Jika sudah parah tentu harus diganti baru.
4. Tidak berada didaerah beam terkuat
Jika anda di Indonesia bagian barat dan hendak lock satelit yamal atau Apstar 7 ku. Maka anda harus menggunakan dish besar untuk memperoleh signal maksimum. Hal ini karena tidak masuk dalam beam area. sehingga untuk lock satelit tersebut dibutuhkan juga LNB dan rx yang juga memiliki kualitas penerimaan yang bagus, agar hasil yang diterimapun juga bagus.
5. LNB lemah
Jika sedah demikian maka yang harus kita lakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Lemahnya LNB bisa ditandai dengan kualitas dan intensitas semua channel menurun, hilang timbul bahkan terkadang loss signal. 
6. Kabel keropos atau nyambung putus
Kebanyakan hal ini diakibatkan oleh cuaca, sehingga kabel mudah lapuk dan akhirnya serabut kabel berkurang bahkan berkarat. Kebanyakan hal ini terjadi dibagian kabel pada konektor dekat LNB.
7. Konektor LNB rusak
Akibat lamanya pemakaian, sering kena panas dan hujan, sering dicopot, kabel terlalu tegang bisa menyebabkan konekor lnb mudah rusak atau dol. Jika hal ini yang terjadi maka segera diganti yang baru.
8. Receiver lemah
Memang hal ini jarang terjadi, untuk mengeceknya coba ganti dengan receiver lain. Jika hasilnya bagus, kemungkinan receiverlah yang sudah lemah tunernya. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis dan merk receiver, misalnya matrix, venus, getmecom, tanaka, kaonsat, goldsat dan sebagainya.
9. Cuaca 
Cuaca yang kurang bagus juga bisa menyebabkan signal menjadi lemah. Kebanyakan hal ini terjadi pada pengguna jenis LNB Ku band. karena LNB tersebut rentan sekali terhadap cuaca hujan. 
10. terhalang pohon atau bangunan
Jika sinyal terhalang pohon tentu mengakibatkan low signal pada tv parabola. Oleh sebab itu pastikan tidak ada yang menghalangi arah antena parabola.

Demikianlah 10 penyebab yang kerap terjadi pada pengguna tv parabola. Untuk cara menanganinya lain waktu akan admin update, terimakasih sudah berkunjung.

TV Parabola

0 Response to " 10 Penyebab Kualitas Sinyal TV Parabola Lemah, Hilang Timbul "

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik, no spam, no link aktif. Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Powered by Blogger.