Cara Menggabungkan LNB Ku Band dengan Dish Offset

Menggabungkan beberapa LNB dalam sebuah dish memang lebih banyak orang terapkan dibanding menggunakan banyak dish. Hal ini karena banyak kelebihan dengan menggunakan cara tersebut. Misalnya lebih menghemat tempat, biaya dan perangkat. Selain itu metode ini memungkinkan kita untuk bisa lock lebih dari satu satelit dalam sebuah dish, khususnya dish offset. Oleh sebab itu memasang 2, 3 bahkan 4 LNB ku band dalam sebuah dish offset sering diterapkan dalam tracking.

Sebelum mencoba menggabungkan beberapa LNB ku band, alangkah baiknya jika Anda harus mengenali terlebih dahulu satelit apa yang bisa dilock di wilayah Indonesia di jalur Ku band. Selain itu mana satelit yang kuat signalnya dan mana yang lemah. Tujuannya adalah saat pemasangan kita fokuskan dulu pada satelit yang sinyalnya lemah dulu, baru ke yang lainnya.

Sebagai contoh jika saat tracking berada diwilayah Sumatera utara dan satelit yang hendak di lock adalah Chinasat 11 (98,0), SES8 (95,0), Measat3 (91,5) dan ST2 (88,0). Keempat satelit tersebut posisi derajatnya saling berdekatan. Sehingga memungkinkan untuk digabungkan dalam satu dish. Untuk menggabungkan keempat LNB Ku band cara mudahnya adalah sebagai berikut:
  1. Dari Chinasat 11 ke SES8 terpaut 3 derajat
  2. Dari SES 8 ke Measat selisih 3,5 derajat
  3. Dari Measat ke ST2 selisih 3,5 derajat
Jadi jaraknya hampir berdekatan, disini satelit yang lemah signal adalah ST2 dan SES8. Untuk itu kedua satelit tersebut harus lebih difokuskan dan diutamakan terlebih dahulu sebelum satelit lainnya. Selanjutnya untuk hasil yang maksimal adalah dengan menggunakan dish solid yang agak besar dan LNB kuband dengan noise rendah. 

Cara Menggabungkan LNB Ku Band dengan Dish Offset

Masing - masing LNB kuband pada gambar diatas selanjutnya digabungkan menggunakan switch diseqc 4x1 setelah itu baru masuk ke receiver. Untuk lock yang petama sebaiknya dari ST dan SES 8 kemudian yang lainnya tinggal disesuaikan dengan arah pantulan signal sampai mendapat kualitas yang maksimal.

Untuk pengaturan pada receiver disesuaikan dengan pemasangan switch diseqc 4 x1 dengan masing-masing LNB. Misalnya sebagai berikut :
  • LNB 1 = Chinasat 11
  • LNB 2 = SES8
  • LNB 3 = Measat
  • LNB 4 = ST2
Untuk jenis LNB pilih universal atau 9750 - 10600 MHz. Sebagai saran sebaiknya saat tracking tidak menggunakan switch dulu. Artinya lock dulu satu persatu, setelah ter lock semua tinggal digabungkan dengan switch diseqc tadi. Untuk informasi selengkapnya mudah-mudahan lain waktu bisa diupdate.
TV Parabola

7 Responses to " Cara Menggabungkan LNB Ku Band dengan Dish Offset "

  1. untuk dish maksimalnya pakai dish punya pay tv apa

    ReplyDelete
  2. Apakah ada pengaruhnya dg tangkapan signal, antara dish 60 cm dg dish 90 cm?

    ReplyDelete
  3. apa nama 2 satelit yang berada persis di bawah (sebelah barat) satelit TELKOM

    ReplyDelete
  4. Abs2 sama chinasat bisa gak gabung dalam satu disc?

    ReplyDelete
  5. saya awam tentang parabola,hari ini baru belajar pasang sendiri dish 80 cm + receiver matrix prolink + 1 lnb ku band.
    dicoba di scan yg ke lock measat + chinasat11 tp isi siaran keduanya sama2 ninmedia.
    untuk mencari siaran film kartun saya harus lock satelit yg mana? dan harus tambah apalagi?

    ReplyDelete
  6. Belum bisa pastikan, belum pernah coba gan

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan topik, no spam, no link aktif. Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Powered by Blogger.