Informasi Harga Parabola Bebas Iuran Bulanan

Banyak diantara rekan-rekan yang menanyakan tentang informasi berapa harga parabola yang bebas iuran bulanan. Untuk menjawab hal itu tentu kita harus pahami terlebih dahulu seperti apa jenis antena parabola, LNB, receiver dan perangkat pendukung lainnya. Perlu diketahui bahwa dalam memasang antena TV parabola membutuhkan beberapa perangkat yang harus ada, diantaranya adalah; antena parabola (dish), LNB, kabel, konektor, decoder (receiver parabola) dan Televisi. Perangkat tersebutlah yang nantinya harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memasang antena TV parabola.

Untuk masalah harga, kali ini tidak termasuk televisi ya, namun hanya sebatas perangkat antena dan receiver saja. Oleh sebab itu berikut adalah info yang bisa tv parabola share kepada anda:
1. Antena Parabola (dish)
Dish atau antena parabola secara umum ada dua jenis yakni; 
Antena parabola prime fokus, 
parabola solid
  • Jenis antena ini dari segi bahannya juga ada dua yakni model jaring dan solid. Perbedaaannya sudah jelas yakni bahan yang digunakan pada parabola jaring menggunakan campuran aluminium dan banyak lubang-lubang seperti jaring. Umumnya parabola ini lebih ringan dibanding solid. 
  • Sedangkan pada jenis parabola solid terbuat dari bahan seng padat tanpa lubang kecuali ditengah (pada fokus untuk pembuangan air). Jenis parabola ini harganya relatif lebih mahal dibanding dengan parabola jaring. Akan tetapi lebih awet dari segi pemakaiannya. Meski begitu jika sudah baling sangat sulit untuk memperbaikinya.
  • Harga Parabola jaring termurah rata rata adalah 200 - 250 ribu untuk ukuran 6 feet, sedangkan untuk 7 - 8 feet sekitar 300 - 350 ribu.
Antena parabola Offset
parabola offset
  • Jenis parabola ini banyak dipakai oleh pihak pay tv atau televisi berlangganan seperti Indovision, Big TV, Orange TV dan sebagainya. Meski begitu ada juga yang menjual dengan harga sekitar 100 -150 ribu untuk diameter 1 meter. Umumnya jenis parabola ini menggunakan bahan seng atau jenis solid. jadi tidak berlubang sama sekali.
  • Meski begitu sekarang sudah banyak memanfaatkan jenis LNB ini untuk tracking satelit luar

2. LNB
LNB adalah kependekan dari Low Noise Block yang merupakan inti dari TV parabola, signal yang dipantulkan dari antena parabola dikumpulkan dalam titik fokus kemudian ditangkap oleh LNB ini, barulah ditransmisikan ke decoder parabola. LNB ini ada 3 jenis yang dipakai di Indonesia, yakni C band, Ku Band dan S Band.

LNB C band 
adalah jenis yang banyak dipakai di Indonesia, hal ini karena banyaknya satelit yang bisa di lock menggunakan jenis LNB ini. Selain itu tahan terhadap berbagai macam cuaca. Harga satu buah LNB C band berkisar antara 50 - 100 ribu tergantung merk dan lokasi. Sedangkan yang paling umum dipakai ada Twin LNB C band atau dua LNB untuk satu receiver. Harganya berkisar antara 80 - 120 ribu.

LNB Ku Band
Jenis LNB ini banyak dipakai oleh pihak pay TV. Oleh sebab itu sering kita temui LNB ini dpasang pada dish offset pada tv berbayar. Meski begitu ada juga yang menjualnya dengan harga paling murah adalah 60 ribu. 

LNB S Band
Jenis LNB ini di Indonesia hanya dipakai oleh TV berbayar milik MNC skyvision. Karena satelit yang bisa ditangkap hanya SES7 oleh sebab itu jarang kita temui LNB ini dijual dipasaran. Meski begitu ada juga yang jual dengan harga sekitar 100 - 150 ribu.

3. Receiver (Decoder)
Merupakan perangkat yang tak kalah penting, sebagai penerima signal dari LNB juga mengkonversinya menjadi bentuk audio dan visual.Jenis dan merk receiver ini juga banyak sekali mulai dari format mpeg2, mpeg4 dan full HD. Harga termurah dari receiver ini adalah 150 ribu untuk format mpeg2. Sedangkan harga termahal bisa sampai jutaan rupiah.

4. Kabel + Konektor LNB
Kabel yang biasa dipakai adalah jenis coaxial dengan impedansi 75 ohm. Umumnya sudah banyak dijual dalam satu set 15 - 20 meter beserta konektornya langsung. Harganya berkisar antara 20 ribu - 40 ribu.

Jadi jika ada yang bertanya berapa harga parabola bebas iuran, adalah tergantung dari perangkat yang dibeli. Untuk harga baru yang paling murah adalah sekitar 500 ribu yakni dengan antena parabola jaring 6 feet, LNB twin dan receiver murmer. Sedangkan yang termahal bisa sampai jutaan rupiah. Kalau kita hanya ingin nonton siaran tv lokal saja budget 500 ribu saya rasa sudah cukup didaerah saya. Dengan ketentuan dipasang sendiri. Kalau sama upah pasang biasanya tambah 100ribu - 200 ribu tergantung permintaan teknisi.

TV Parabola

1 Response to " Informasi Harga Parabola Bebas Iuran Bulanan "

  1. harga dibawah 100 ribu Reseiver apa gan,... jika ada saya pesan...

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan topik, no spam, no link aktif. Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Powered by Blogger.