Cara Mengatasi Beberapa Channel Hilang di TV

Mengatasi channel yang hilang di televisi satelit parabola, bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab penyebabnya belum tentu sama disetiap pengguna. Oleh sebab itu anda harus mengetahui penyebab kualitas sinyal parabola lemah atau hilang timbul. Umumnya hal ini terjadi untuk pengguna parabola biasa yang lock satelit palapa dan telkom C band. Untuk memperbaikinya bisa kita mulai dari pengecekan pada receiver. Apakah sudah benar settingannya. Jika anda belum pernah mengetahui caranya, silahkan baca dulu cara setting receiver parabola dengan mudah.

Selanjutnya coba perhatikan di receiver apakah channel hilang beberapa saja atau semuanya. Untuk itu berikut TV parabola kategorikan menjadi 3

Salah satu channel hilang di TV parabola

Misalnya channel MNC TV hilang di parabola, maka langkah pertama adalah melihat kualitas signalnya, jika masih ada coba lakukan scan ulang. Namun jika tidak ada coba cari informasi mengenai frekwensi terbaru channel tersebut. Apakah memang berpindah atau masih tetap. Coba cek channel dalam satu satelit tersebut yaitu palapa D. Apakah channel lainnya juga hilang, jika tidak kemungkinan masalah ada pada antena parabola yang mungkin saja arahnya kurang tepat. Untuk itu anda harus tracking atau mencari sinyal dengan menggerakkan parabola sesuai arah yang tepat.

Cara Mengatasi Beberapa Channel Hilang di TV

Beberapa channel hilang, tapi ada juga yang tidak.

Untuk menangani kasus ini langkah pertama adalah cek settingan di receiver. atau baca cara setting receiver parabola dengan mudah. Selanjutnya cek channel mana saja yang hilang. Jika channel yang hilang hanya rombongan di satelit palapa, seperti Global TV, TV One, metro TV dan kawan-kawan. Besar kemungkinan satelit palapa tidak terlock. Untuk daftar channelnya bisa anda lihat pada frekwensi channel di satelit palapa D. Sedangkan jika yang hilang adalah channel rombongan dari telkom seperti Trans TV, Trans 7, ANTV dan kawan-kawan. Berarti satelit telkom tidak ter lock. Untuk daftar channelnya bisa anda lihat pada frekwensi terbaru satelit telkom 1. Untuk mengatasi masalah tersebut pertama juga setingan di receiver seperti yang sudah disebutkan diatas kalau tidak ada masalah berarti masalah pada antena parabola yang mungkin saja bergeser atau kerusakan pada salah satu LNB maupun switchnya. Oleh sebab itu cek satu persatu mulai dari kabel, konektor switch , LNB sampai pada antena.

Selanjutnya jika channel yang hilang ada di kedua satelit tersebut, berarti maslaahnya ada pada jarak yang kurang tepat antar LNB, arah LNB/ arah parabola, serta tidak presisinya antena parabola. Oleh sebab itu baca mengenai cara tracking satelit palapa dan telkom.

Semua channel hilang di parabola

Jika semua channel yang hilang, bisa disebabkan karena kerusakan pada receiver, LNB, kabel bahkan parabola. Untuk itu harus dicek satu persatu. Pada receiver coba gunakan receiver lain yang masih bagus. Atau coba receiver anda dipasang pada parabola lain, apakah sama saja. Jika ternyata receiver masih bagus tentu akan keluar sinyalnya jika dipasang pada parabola yang lain.

Jika receiver tidak ada masalah, langkah selanjutnya adalah pengecekan pada konektor dan kabel. Untuk itu bisa menggunakan multimeter. Pada saat receiver dalam posisi on ukur kabel yang mengarah ke LNB pada skala DC V, maka akan keluar tegangan sekitar 18 V. Jika tidak ada tegangan berarti kabel putus dan perlu diganti. 

Kalau ternyata kabel masih bagus dan ada tegangan ke LNB, selanjutnya kita cek ke bagian LNB, caranya coba hubungkan receiver ke salah satu LNB saja. Lihat info signal apakah pada intensitas sinyal keluar. Jika tidak berarti LNB sudah rusak. Namun jika masih ada berarti LNB masih bagus. Coba lakukan hal ini pada LNB kedua. Jika sudah ditemukan mana LNB yang rusak tinggal kita ganti saja.

Sedangkan jika LNB tidak ada maalah kemungkinan karena switch yang tertanam di LNB yang rusak. Jadi kalau menggunakan sebuah LNB muncul sinyal, namun jika dihubungkan keduanya justru malah tidak ada sinyal, atau hanya salah satu saja yang muncul. Maka bisa dipastikan switch didalam LNB yang rusak.

Selain masalah diatas , jarak antar LNB, arah yang kurang tepat juga bisa menjadi masalah. Oleh sebab itu dalam menangani masalah seperti ini harus dilakukan satu persatu dengan teliti. 
TV Parabola

2 Responses to " Cara Mengatasi Beberapa Channel Hilang di TV "

  1. Kepencet setingan pabrik gan.. Cara mengatasi gimana? Matrix garuda mpeg2

    ReplyDelete
    Replies
    1. TInggal seting pengaturan antena sesuai pemasangan LNB, lalu scan otomatis

      Delete

Berkomentarlah sesuai dengan topik, no spam, no link aktif. Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Powered by Blogger.