Banyak Channel Yang di Dapat dengan Antena Parabola

Mungkin bagi sebagaian orang masih ada yang bertanya tentang berapa banyak channel yang didapat jika menggunakan antena TV parabola. Apakah channel lokal atau TV Nasional ada semua, atau hanya beberapa saja?.Untuk menjawab hal itu sebenarnya tergantung dari beberapa hal. Jika anda beloum pernah menggunakan antena parabola untuk nonton TV, mungkin pada postingan kali ini bisa menjawabnya.

Perlu diketahui bahwa jumlah channel yang didapat mungkin bisa berbeda dari pengguna yang satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, untuk itu berikut adalah hal yang mempengaruhinya;

Banyak Channel Yang di Dapat dengan Antena Parabola

Faktor Yang Menentukan Jumlah Channel di TV Parabola

Satelit Yang di tangkap
Di Indonesia sendiri satelit yang bisa di lock cukup banyak sekali, baik itu dijalur C band maupun Ku band. Masing-masing satelit yang bisa di lock tersebut terdapat channel TV yang jumlahnya bervariasi baik itu TV lokal maupun luar negeri. Oleh sebab itu satelit yang di lock sangat mempengaruhi jumlah channel yang didapat. Jadi semakin banyak satelit yang di lock tentu jumlah channel semakin banyak. Banyaknya satelit yang di tangkap biasanya ditandai dengan jumlah LNB yang digunakan, karena setiap LNB digunakan untuk lock sebuah satelit saja. Jadi jika menggunakan 2 buah LNB tentu ada 2 satelit yang di lock. 
Baca juga Daftar terbaru satelit ku band yang bisa di lock di Indonesia.

Kualitas Signal yang diterima
Selain satelit yang dilock faktor lain yang mempengaruhi adalah kualitas signal yang diterima. Masalah kualitas sinyal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Pemasangan parabola
  • Kualitas LNB
  • Beam Area
  • Kualitas dan besar antena parabola

Jenis Receiver yang Digunakan
Saat ini rata-rata receiver keluaran baru sudah mendukung semua fitur yang dibutuhkan pengguna TV parabola. Namun bagi pengguna receiver jadul yang masih mpeg2 tentu siaran yang bisa diterima hanya yang masih berformat mpeg2 saja. sedangkan yang siaran mpeg4 atau HD tentu tidak bisa diterima. Oleh sebab itu jika anda menggunakan jenis receiver yang sudah HD tentu semua format channel yang dipancarkan dari satelit bisa diterima.

Jumlah Channel Yang didapat

Itulah ketiga hal yang bisa mempengaruhi jumlah channel yang didapat dengan antena parabola. Umumnya di Indonesia, pengguna TV parabola menggunakan 2 buah LNB (twin LNB) untuk lock satelit Palapa dan telkom. Hal ini karena kedua satelit tersebut terdapat channel lokal atau TV nasional yang dipancarkan secara FTA (free to air). Oleh sebab itu kedua satelit tersebutlah yang paling banyak di tangkap. Jika anda berhasil lock dengan sempurna satelit tersebut, maka jumlah channel yang didapat sangat banyak, yakni ratusan channel yang disiarkan secara gratis, baik itu TV lokal maupun luar negeri. Apalagi jika anda menggunakan 4 buah LNB sekaligus tentu yang ditangkap juga 4 satelit dan sudah pasti jumlah channel akan lebih banyak. Jangan lupa lihat juga Channel lokal gratis di satelit palapa dan telkom
TV Parabola

0 Response to " Banyak Channel Yang di Dapat dengan Antena Parabola "

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik, no spam, no link aktif. Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Powered by Blogger.